THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Selasa, 07 Februari 2012

Pengenalan Internet

1.  Mengenal internet
  Internet dapat di terjemahkan secara sangat sederhana sebagai national network. Dari istilah tersebut dikatakan bahwa internet adalah semacam jaringan yang mampu menghubungkan kita dengan jaringan informasi dunia dan masyarakat global.
  Lalu apa bedanya internet dengan teknologi yang lain seperti telepon, surat kabar , televisi dan radio yang memiliki konsep yang hampir sama dengan internet.
Selain hal tersebut diatas , internet dapat menjamin kebebasan para pengaksesnya untuk memanfaatkan informasi sebanyak ia mau menurut seleranya sendiri.
  Kelebihan-kelebihan dari teknologi internet diantaranya.:
1. Teknologi internet disebut juga sebagai dunia maya atau virtual .
Dikatakan internet sebagai dunia maya atau virtual karena internet terdiri dari ribuan kilometer kabel, gelombang radio dan sirkuit-sirkuit komputer yang menciptakan seolah-olah jalan dimana kita bisa melintasinya untuk mencapai kesebuah tempat tertentu tanpa merasakan kaki kita terkilir dan sedang berdiri di sebuah gedung tempat berkumpulnya banyak data informasi . yang sebenarnya kita lkukan yaitu menekan tombol keyboard komputer secara tepat dan komputer membawa kita ke sebuah lokasi dimana kita seolah-olah berada di tempat itu. Inilah yang dinamakan konsep dunia maya atau virtual.
2. Teknologi internet disebut juga tempat berkumpulnya informasi.
3. teknologi internet disebut juga informasi yang tak terbatas.
4. Teknologi internet disebut juga kebebasan mencari iformasi dan permasalahannya.
2. Software Untuk Internet
Macam-macam software untuk mengakses world wide web (www)yaitu:
  a. Brrowser.
     Browser adalah sebutan yang diberikan kepada sebuah software yang dipakai untuk mengakses world wide web  (WWW) . WWW adalah layanan yang paling sering digunakan dan memiliki perkembangan yang sangat cepat karena dengan layanan ini kita bisa menerima informasi dalam berbagai format (multimedia).
b.   E_mail Client
    E_mail Client adalah sebuah Software yang dimanfaatkan untuk membaca,menulis,dan mengirim surat elektronik (E_mail)
contoh software E_Mail Client Microsoft Outlock dan Netscape Computer.
e.   IRC Client
IRC Client adalah singkatan dari internet relay chat yaitu softwareyang berfungsi untuk membantu kita berbincang-bincangsecara langsung(real time) lewat media teks dengan banyak orang diseluruh dunia.
contoh: software IRC Client yang popular yaitu mIRC
d.   Dial up Networking.
  Dial Up Networking adalah software kecil yang akan menghubungkan komputer pribadi kita dengan jaringan internet global lewat sebuah internet services provide.
e.  Surfing / Browsing
   Surfing merupakan istilah umum yang digunakan bila menjelajahi dunia maya atau web.

0 komentar: