THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Jumat, 30 Desember 2011

Tema Karya Seni Rupa

1. Tema Karya Seni Rupa .
      Tema adalah gagasan , ide , atau pokok pikiran yang ada didalam sebuah karya seni . Tema dalam seni karya rupa adalah gagasan , ide , atau isi yang terkandung didalam seni karya rupa baik dengan karya seni rupa dua dimensi tiga dimensi , maupun relief.
     Tema-tema yang digunakan didalam seni karya rupa selalu di pengaruhi oleh waktu dan keadaan aktu sang penciptaan . Tema-tema seni rupa , diantaranya adalah keagamaan , sosial , kemanusiaan , dunia binatang , alam , perjuangan , peperangan , menari , dunia aneh , dsb.
     Tema-tema karya seni rupa pada zaman dahulu hanya terbatas tema-tema keagamaan . Misalnya relief  candi budha menceritakan kehidupan shidarta gautama dan candi hindu . Hindu banyak mengangkat tema ramayana dan mahabarata. Pada jaman kemerdekaan , lukisan jaman itu di pengaruhi semangat kemerdekaan.
2. Gaya Dalam Karya Seni Rupa Daerah Setempat .
       Didalam seni rupa dikenal dua corak dalam pengungkapkan gagasan menjadi karya seni yaitu:

  • Corak figuratif , yaitu corak yang menggunakan figur-figur benda telah ada seperti manusia , binatang tumbuhan dan sebagainya.
  • Corak nonfiguratif , yaitu corak yang tidak mengambil figur yang ada di dalam corak ini . bisanya disebut sebagai corak abstrak.

0 komentar: