THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Selasa, 13 Desember 2011

Menulis Cerpen Berdasarkan Peristiwa Nyata

    Menulis cerpen harus banyak berkhayal karena cerpen memang karya fiksi yang berbentuk prosa. peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam cerpen hanya direkayasa oleh pengarangnya. Demikian pula para pelakuyang terlibat dalam peristiwa itu. waktu, tempat , dan suasana terjadinya peristiwapun hanya di reka-reka oleh pengarah. Oleh karena itu , cerpen (dan semu cerita fiksi) disebut cerita rekaan.
   Cerita dalam cerpen mungkin saja terjadi sebab bahan baku cerpen memang bisa berasal dari kisah yang benar-benar terjadi dalam masyarakat . Boleh jadi , bahan baku cerpen benar-benar dialami sendiri oleh pengarangnya. Kisah nyata yang benar-benar terjadi itu oleh pengarangnya diolah , yaitu ditambah , dikurangi , digabungkan , diubah nama pelakunya , diganti tempat terjadinya dan lain-lain. Akan tetapi , semua bahan baku yang semula benar-benar terjadi itu setelah di olah oleh pengarang dalam bentuk cerpen , menjadi cerita fiksi , cerita khayal , atau cerita rekaan.
    Jika akan menulis cerpen , yang pertama-tama kalian lakukan adalah mencari dan menentukan tema. Tema cerita tersebar luas disekeliling kalian , bahkan juga didiri kita . Apa yang kalian pernah alami , lihat , dengar , rasakan bayangkan dan lain-lain dapat kalian pilih menjadi tema cerpen . Tema yang kalian pilih tentu saja tema yang menarik , terutama menarik bagi diri kalian dan kalian perkirakan juga menarik bagi orang lain.
   Setelah tema kalian tentukan , tema iu harus kalian rinci terlebih dahulu karena tema masih berupa ide pokok . Bila tema langsung di kembangkan menjadi sebuah cerpen penulisan cerpen akan mengalami banyak kesulitan . Oleh karena itu , tema harus rinci , di jabarkan lebih lanjut ,apa saja yang akan diceritakan .
   Setelah menjabarkan tema , kita perlu mempertegas peristiwa peristiwa yang akan terjadi dalam cerpen. Peristiwa-peristiwa itu kemudian kalian susun demikian rupa sehingga membentuk plot cerita. 
   Plot atau alur cerita adalah rangkaian peristiwa yang sambung-menyambung dalam sebuah cerita berdasarkan logika sebab akibat. Dalam sebuah cerita terdapat berbagai peristiwa. Akan tetapi , peristiwa-peristiwa dalam cerita itu tidak berdiri sendiri , tetapi berkaitan antara peristiwa satu dengan peristiwa lainnya. Rangkaian peristiwa itulah yang membentuk plot atau alur cerita .

0 komentar: